Cara Merubah Kabel Speaker ke RCA Degan Mudah

By | Dec 18, 2019

Apa yang Kamu lakukan ketika Kamu memiliki speaker yang tidak dapat dihubungkan ke jack RCA? Faktanya, Kamu dapat mengubah sendiri kabel speaker menjadi RCA.

Merubah kabel speaker ke RCA adalah tugas yang agak mudah, tetapi memang membutuhkan perencanaan sebelumnya. Dan tergantung pada colokan RCA Kamu.

RCA yang merupakan kepanjangan dari Radio Corporation of America adalah salah satu jenis kabel yang memiliki fungsi dan peranan yang penting, untuk menghubungkan peralatan audio dan visual.

Merubah Kabel Speaker ke RCA

Merubah Kabel Speaker ke RCA

Apa yang Kamu Butuhkan

Sebelum Kamu mengerjakannya, Kamu perlu daftar item yang akan Kamu perlukan untuk mengubah kabel speaker Kamu menjadi RCA. Sekarang, tidak ada daftar universal, per katakan, tetapi item yang Kamu butuhkan akan bervariasi tergantung pada plug RCA yang Kamu rencanakan untuk digunakan.

Colokan RCA yang Disolder

Jika Kamu mendapatkan colokan RCA yang membutuhkan penyolderan, Kamu akan membutuhkan beberapa alat untuk Merubah Kabel Speaker ke RCA.

  • Baut pateri
  • Colokan RCA (2)
  • Kabel speaker
  • Pemotong kawat
  • Solder

Colokan RCA yang tidak solder

Kamu tidak perlu sebanyak itu jika Kamu menggunakan colokan RCA tanpa solder. Merubah Kabel Speaker ke RCA hanya membutuhkan penjepitan kabel pada posisi yang sesuai.

  • Colokan RCA (2)
  • Kabel speaker
  • Pemotong kawat

Pilih Komponen yang Tepat

Apa yang baik dari melakukan hal ini sendiri adalah kemampuan untuk mengontrol kualitas komponen. Misalnya, colokan RCA bisa terbuat dari plastik, kualitasnya tidak sebagus sepasang kuningan berlapis emas. Untuk yang terbaik, gunakanlah kuningan berlapis emas. Dan jika Kamu memutuskan untuk menggunakan yang murah, Kamu mungkin juga mengambil colokan RCA murah.

Sedangkan untuk kabel, setiap kabel lama tidak akan berfungsi. Kamu harus peduli dengan ukuran kawat, dan itu diukur dalam “pengukur.” Misalnya, ada 10-gauge wire, dan 26-gauge wire. Menurut Kamu mana yang lebih besar? Secara alami, Kamu akan memilih kawat 26-gauge, tapi bukan itu masalahnya. Semakin tinggi angkanya, semakin kecil ukuran kawat.

Ukuran kawat akan menjadi masalah karena colokan RCA yang tidak universal. Jika Kamu tidak berhati-hati, pada akhirnya Kamu bisa saja membeli ukuran yang terlalu besar untuk colokan RCA. Jadi, belilah colokan RCA sebelum Kamu memilih ukuran kabel.

Cara Konversi Kabel Speaker ke RCA

  1. Mulailah dengan mengukur jumlah kawat yang Kamu butuhkan dan pemotong kawat untuk memotongnya apabila kawatnya berlebihan.
  2. Dengan kawat yang sekarang dipotong, gunakan pengupas kawat Kamu untuk melepaskan ujung-ujung kawat. Sekitar 1  hingga 1,3 cm sudah cukup. Ini akan mengekspos dua kabel yang diberi kode warna merah dan hitam.
  3. Sekarang ambil kedua kabel dan tarik menjauh satu sama lain sekitar 5cm  terpisah.
  4. Selanjutnya, ambil kabel RCA dan lepaskan penutupnya. Penutup kabel bertindak sebagai wadah untuk kabel di dalamnya. Lepaskan dan geser kawat Kamu hingga mencapai mendekati ujung. Setelah Kamu menyolder kabel ke konektor, Kamu dapat dengan mudah menarik penutup RCA melalui dan menutup kabel yang terbuka.
  5. Sekarang untuk membuat koneksi. Kabel kode warna merah dan kabel bergaris akan menjadi sisi positif, sedangkan kabel kode warna hitam dan kabel non-strip akan menjadi sisi negatif. Mulailah dengan memasukkan ujung positif ke tengah titik koneksi.
  6. Ambil besi solder dan lelehkan sedikit solder di titik koneksi dan kabel. Ini akan menjaga hubungan positif dan titik koneksi tetap terhubung.
  7. Seperti yang Kamu lakukan dengan timah positif, lelehkan sedikit solder ke timah negatif.
  8. Sekarang geser selongsong ke atas dan tutup kabel yang terbuka.
  9. Ulangi hal yang sama untuk ujung lainnya, tetapi pastikan bahwa kabel merah atau kawat bergaris terpasang sebagai ujung positif di ujung lainnya. Konsisten atau itu tidak akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *